Monday, November 26, 2012

10 TIPS MENJAGA LINGKUNGAN


1. Selamatkan Hutan! 
- Kurangi pemakaian kertas. Kalau bisa menggunakan flashdisk atau harddisk dalam menyimpan data, dan sebaiknya tidak usah dicetak. Kalaupun terpaksa dicetak, gunakan kertas bekas dan cetak bolak-balik.
- Bawa sumpit sendiri (bukan sumpit jenis kayu) kemana-mana untuk mengurangi  sumpit kayu.
2. Hijaukan Bumi!
Mulailah dengan mengajarkan anak-anak sejak dini, untuk mencintai pohon/tanaman. Beri souvenier yang menanamkan semangat Go Green pada acara ulang tahun, misalnya dengan memberi pot dan benih tanaman atau pot dengan sendok-garpu taman, serta menggunakan tas kain sebagai pembungkusnya.
3. Selamatkan Udara!
Gunakan BBM tanpa timbal untuk mengurangi polusi udara.
4. Selamatkan Ozon! 
Hindari pemakaian AC yang berlebihan. Selain boros listrik,  freonnya juga mengancam ozon bumi. Faktanya, kipas angin 98% lebih hemat ketimbang pendingin udara lainnya.
5. Hemat Listrik! 
- Matikan lampu yang tidak digunakan siang hari dan buka jendela lebar-lebar. Sinar matahari dan udara segar pastinya lebih menyehatkan.
- Cabut charger laptop, HP maupun perangkat elektronik lainnya. Charger/elektronik apapun, dalam keadaan standby, tetap mengkonsumsi listrik.
6. Hemat BBM!
- Kurangi pemakaian kendaraan bermotor berarti kurangi konsumsi BBM, dan berdampak pada kurangi kemacetan. Naik sepeda! Lebih sehat, dan lebih cepat tiba di tempat. 

7. Buang Sampah pada Tempatnya!
Jangan membuang sampah sembarangan ke jalan raya/parkiran (melalui jendela mobil, jendela rumah, atau balkon), APALAGI KE GOT/KALI/SUNGAI!  Ingat, banjir mengintai! Sampah hanya boleh dibuang di satu tempat yang benar: tong sampah!
8. Pisahkan Sampah Organik & Non-Organik!
- Gunakan sampah organik untuk membuat pupuk. Selain menghemat biaya, kita turut membantu pengolahan sampah dengan benar.
- Kempeskan minuman kotak atau dus packaging untuk menghemat space sampah dan mempermudah pemilahan sampah.
9. Diet  Plastik!
- Biasakan bawa tas jinjing, ransel atau apa pun ketika belanja/shopping. Tolak halus kasir yang menaruh barang belanjaan kita di kantung plastik. Tentunya kita semua sudah mengetahui, bahwa memerlukan waktu hingga ratusan tahun untuk mengurai sampah plastik!
- Biasakan membawa tumbler sendiri untuk mengisi minuman. Bawa tumbler sendiri sama dengan meminimalisasi penggunaan plastik sebagai wadah air minum kita.
10. Tontonlah film “Inconvenient Truth” bersama keluarga dan anak-anak. 

No comments:

Post a Comment