Thursday, November 8, 2012

08/11 AJARAN DHARMA


Ajaran Dharma yang hanya didengar,
tidak akan jelas tujuannya.
Ajaran Dharma yang hanya dilihat,
tidak akan tampak kebenarannya.
Ajaran Dharma yang hanya diketahui,
tidak akan berguna dalam kehidupan.
Ajaran Dharma yang hanya dipelajari,
tidak akan membantu pembinaan spiritual.
Ajaran Dharma harus dipahami,
sehingga manfaatnya akan terungkap.
Ajaran Dharma harus dibina,
sehingga manfaatnya dapat terasakan.
                                        ( Jakarta, 1999)
Ajaran Dharma Mulia diturunkan oleh Bunda Mulia, sebagai suatu ajaran yang harus dipahami. Untuk dapat memahami suatu ajaran, dibutuhkan suatu pembinaan yang tekun. Dimana untuk dapat memahami suatu ajaran Dharma, maka harus membina ajaran dharma secara langsung dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, kita akan menjadikan ajaran dharma sebagai bagian dari diri sendiri yang tidak terpisahkan.
Dengan ketekunan yang sungguh-sungguh dalam pembinaan kehidupan spiritual, kita akan dapat lebih memahami intisari ajaran-ajaran dharma yang sesungguhnya. Dimana kehidupan sehari-hari kita adalah pembinaan dharma itu sendiri, dan dharma menjadi bagian diri sendiri yang tidak terpisahkan lagi. Satu kesatuan ini adalah dasar pembinaan yang mutlak, untuk dapat mengungkapkan intisari pemahaman ajaran Dharma Mulia yang sebenarnya.
Mereka yang telah bersungguh-sungguh untuk menjalankan kehidupan sehari-harinya sebagai pembinaan dharma, mereka adalah yang pantas dinamakan sebagai ‘Mahluk Spiritual’ yang menjalankan ‘Kehidupan Spiritual’.

No comments:

Post a Comment