Wednesday, November 7, 2012

07/11 BACA : MAZMUR 119 : 9 - 16

Dalam hatiku aku menyimpan janji-Mu, supaya aku jangan berdosa terhadap Engkau. —Mazmur 119:11
 
Yohanes 18 - 21
___________________________________________________________

Dari Kepala Turun Ke Hati

Guru piano saya ketika saya masih kecil adalah seorang yang sangat mementingkan hafalan. Menurutnya, mampu memainkan satu lagu tanpa kesalahan belumlah cukup. Saya harus memainkan beberapa lagu tanpa kesalahan dengan mengandalkan ingatan saya. Alasan guru saya adalah ia tidak ingin ketika murid-muridnya diminta untuk memainkan lagu, mereka sampai berkata, “Maaf, buku musik saya ketinggalan.”

Sebagai anak-anak, saya juga menghafalkan ayat-ayat Alkitab, termasuk Mazmur 119:11. Karena tidak mengerti betul apa maksudnya, saya meyakini bahwa menghafal ayat saja akan dapat menjauhkan saya dari dosa. Saya berupaya keras menghafalkan ayat demi ayat, bahkan saya memenangi hadiah sebuah Alkitab bergambar karena kemampuan saya menghafal.

Meski menghafalkan ayat Alkitab adalah kebiasaan yang baik untuk dipupuk, bukan tindakan menghafal itu sendiri yang dapat menjauhkan kita dari dosa. Segera setelah memenangi lomba menghafal tersebut, saya menyadari bahwa meski ada banyak ayat Alkitab yang terekam dalam otak saya, perilaku saya tidak banyak berubah. Sebaliknya, pengetahuan saya yang banyak itu justru menimbulkan perasaan bersalah, bukan kemenangan atas dosa.

Akhirnya saya sadar bahwa firman Allah haruslah menyebar dalam kehidupan diri saya seluruhnya. Saya perlu menghayati Kitab Suci dengan menyimpannya di dalam hati, seperti yang dilakukan seorang musisi ketika memainkan sebuah lagu. Saya harus menghidupi Alkitab sebaik saya menghafalkannya. Ketika firman Allah turun dari kepala ke hati, kuasa dosa atas diri kita pun melemah. —JAL
Ya Tuhan, Allahku, kiranya firman-Mu benar-benar menjadi
bagian dari hidupku sehingga aku mau taat dengan
hati yang penuh kesungguhan dan sukacita.
Ubah dan bentuklah aku sesuai dengan gambaran-Mu.
Kiranya firman Allah mengisi pikiran Anda, menguasai hati Anda, dan menuntun hidup Anda.
 

No comments:

Post a Comment