Monday, November 5, 2012

05/11 BACA : KOLOSE 3 : 18; 4 : 1

Hai tuan-tuan, berlakulah adil dan jujur terhadap hambamu; ingatlah, kamu juga mempunyai tuan di sorga. —Kolose 4:1
 
Yohanes 11 - 13
_______________________________________________________

Lebih Dari Sekedar Adil Dan Jujur 

 

Pada abad ke-19, kondisi kerja di Inggris begitu mengerikan. Pria, wanita, dan anak-anak bekerja di pabrik-pabrik yang berbahaya sepanjang hari, dan malam harinya pulang ke pemukiman yang kumuh dan padat. Banyak pemilik pabrik yang tidak peduli dengan kesejahteraan karyawan mereka.


Namun pada masa itu, para pemilik pabrik cokelat Cadbury punya sikap yang berbeda. Sebagai penganut keyakinan Quakers (suatu aliran gereja Kristen) dan wirausahawan yang ahli, mereka memusatkan perhatian untuk memperbaiki kondisi kerja dari 200 orang karyawan mereka. Keluarga Cadbury membangun sebuah pabrik yang canggih dengan tempat ganti pakaian yang memiliki penghangat ruangan, sebuah dapur, dan tempat untuk bersantai. Dan untuk memenuhi kebutuhan rohani para karyawan, setiap hari kerja diawali dengan pendalaman Alkitab.


Kolose 4:1 berkata, “Hai tuan-tuan, berlakulah adil dan jujur terhadap hambamu; ingatlah, kamu juga mempunyai tuan di sorga.” Jelas bahwa keluarga Cadbury berupaya untuk memperlakukan karyawan mereka dengan adil dan jujur. Namun sudut pandang surgawi yang dimiliki keluarga Cadbury memotivasi mereka untuk melangkah lebih jauh dengan memenuhi kebutuhan fisik dan rohani karyawan mereka.
Kita mungkin tidak memiliki perusahaan, tetapi kita berhubungan dengan beragam orang setiap harinya. Sebagai orang percaya, penting bagi kita untuk bersikap etis dalam pergaulan kita. Dengan kemampuan yang Tuhan berikan, kita juga dapat mempedulikan kesejahteraan sesama melalui doa, dukungan dan dorongan semangat, serta upaya memenuhi kebutuhan jasmani mereka (Gal. 6:10). —HDF

Tuhan, terima kasih karena Engkau mengasihi dan memenuhi
kebutuhan kami. Engkau sering membawa orang yang membutuhkan
kasih dan pemeliharaan-Mu ke dalam hidup kami. Beri kami hikmat
untuk menolong mereka agar kami dapat membagikan kebaikan-Mu.

Allah memberkati kita supaya kita dapat memberkati orang lain.

No comments:

Post a Comment