Monday, October 15, 2012

JANGAN PERNAH BERHENTI BELAJAR

DARI BANI RATMILIA SUTARTO:

"I am learning all the time. The tombstone will be my diploma" - Eartha Kitt

Mungkin masih ada orang yang punya persepsi bahwa belajar itu hanya di sekolah atau di kampus saja. Namun, menurut pandangan saya, be
lajar bisa di mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja.

Bukan berarti sekolah atau kuliah menjadi tidak penting. Sekolah dan kuliah itu sangat penting! di sekolah atau kuliah, karakter kita bisa dibentuk, mendapat dan memperdalam ilmu pengetahuan, belajar bersosialisasi dengan orang lain, dan masih banyak manfaat lain yang bisa kita dapat dari di sekolah atau kuliah.

Selain di sekolah dan di kampus, kita bisa belajar banyak hal yang kita mau atau yang tidak kita mau. Setiap hari kita bisa belajar hal baru, misalnya dari pengalaman kita sendiri, bisa juga kita belajar dari pengalaman orang lain. Bahkan dengan kemajuan teknologi sekarang, kita bisa mengakses internet untuk belajar sesuatu. Dari pengalaman yang menyenangkan sampai pengalaman yang kurang menyenangkan, kita bisa mendapat pelajaran untuk hidup kita kedepan. Misalnya, bila kita mengalami kegagalan, kita bisa belajar dari kegagalan tersebut sehingga kedepannya kita tidak mengalami kegagalan yang sama. Atau kita belajar dari kegagalan orang lain agar kita tidak mengalami hal yang sama. Kita bisa belajar sesuatu dari orang lain, bahkan dari semua orang. Karena semua orang pasti memiliki kelebihan dan keunikan.

Jangan pernah malu atau merasa sungkan untuk bertanya kepada orang yang lebih ‘hebat’ dari kita. Dan jangan juga merasa sombong untuk belajar dari orang yang ‘level’nya lebih rendah dari kita. ‘Level’ disini yang saya maksud adalah bisa secara umur, ekonomi, atau jabatan. Kita semua sama-sama manusia yang tidak sempurna, setiap hari kita perlu untuk belajar menjadi orang yang lebih baik lagi. Terus menambah ilmu tidak akan membuat kita rugi, tetapi justru akan membuat kita semakin bijak, semakin pintar dan semakin percaya diri. Apalagi kalau kita belajar hal-hal yang kita cintai, pasti kita akan senang kan? Teruslah memiliki kemauan untuk selalu belajar dan terus belajar, bahkan sampai nanti kita tua. Tidak perlu menunggu sampai tua untuk bisa pintar atau bijak.

Kalau kita terus belajar dan belajar, masih diusia muda pun kita bisa meraih kesuksesan kita. "Study the past, if you would divine the future" - Confucius "The more we study the more we discover our ignorance" - Percy Bysshe Shelley "I am learning all the time. The tombstone will be my diploma" - Eartha Kitt See u ON TOP! :D Best Regards, Mario Salim @mariosalim

No comments:

Post a Comment