Sunday, October 28, 2012

28/10 QS. AL BAQARAH (2) : 11

وَإِذَا قِيلَ لَهُمْ لاَ تُفْسِدُواْ فِي الأَرْضِ قَالُواْ إِنَّمَا نَحْنُ مُصْلِحُون

 Dan apabila dikatakan kepada mereka: “Janganlah kalian merusak di bumi,” mereka menjawab: "Sesungguhnya kami (adalah) orang yang membangun."

 1). Setiap jiwa yang sakit pasti tercermin pada perbuatannya yang juga sakit, perbuatan yang merugikan manusia dan kemanusiaan, dalam jangka pendek ataupun dalam jangka panjang. Dan tanda sakit jiwa mereka berikutnya ialah saat mereka menklaim bahwa apa yang mereka lakukan adalah perbuatan bajik, memperbaiki masyarakat, membangun peradaban besar, dan sebagainya, walaupun secara pribadi mereka tahu persis bahwa semua yang mereka lakukan itu adalah demi memenuhi hasrat ego mereka semata.


2). Kata تُفْسِدُواْ (tufsiduw, kalian merusak) berasal dari kata fa-sa-da atau fa-su-da yang artinya rusak; maka lawannya ialah sha-lu-ha, yang artinya baik; kemudian bentuk mashdar-nya ialah فسادا (fasādan) yang artinya kerusakan. Bentuk aktifnya: af-sa-da (merusak), lawannya ash-la-ha (memperbaiki, membangun, beramal shaleh). Dengan demikian, فسادا (fasādan), kerusakan, bukanlah sesuatu yang terjadi karena kebetulan. Juga bukan karena bencana alam. Melainkan terjadi karena ada pelaku yang melakukan perbuatan af-sa-da (merusak). Simaklah ucapan Allah berikut ini:
ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُم بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ
Artinya: “Nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).” (30:41)


 3). Perbuatan al-fasād (kerusakan), karena daya rusaknya yang begitu besar, sering disejajarkan Allah dengan perbuatan mengingkari ‘janji’ (‘ahd) dngan Allah dan memutus tali silaturrahim. “Orang-orang yang mengingkari janji (dengan) Allah setelah mereka meneguhkannya (berikrar untuk mematuhinya) dan memutuskan apa-apa yang Allah perintahkan untuk disambungkan (yaitu tali silaturrahim) dan mengadakan kerusakan di bumi, mereka itulah orang yang Allah kutuk dan bagi mereka (disiapkan) tempat kediaman yang buruk (Jahanam).” (13:25) Mengumpulkan ketiganya menjadi satu rangkaian ayat, sangat bisa difahami sebab tema utama al-Qur’an sebetulnya memang Cuma tiga macam: Tuhan, manusia dan alam. Ketiganya adalah satu kesatuan; yang satu tidak bisa dipisahkan dari yang lain. Maka kalau melanggar yang satu, sama dengan melanggar yang lainnya.

 4). Pengakuan palsu mereka bahwa "Sesungguhnya kami (adalah) orang yang membangun," tertolak oleh fakta yang menunjukkan kebalikannya. Pengakuan itu tidak lebih dari kampanye murahan untuk mengecoh masyarakat. Dan agar massa tetap memilih, mencintai, dan mempertahankannya. Agar buku sejarah tetap di tangannya. Agar tinta yang mereka goreskan di sana tetap berwarna emas. Penalaran yang ditawarkan al-Qur’an sangat gampang dicerna, oleh orang yang paling awam sekalipun. Renungkanlah ayat ini: “Dan Tuhanmu sekali-kali tidak akan membinasakan negeri-negeri secara zalim, kalau (seandainya) penduduknya مُصْلِحُون (orang-orang shaleh).” (11:117) Artinya, dengan binasanya peradaban-peradaban, kebudayaan-kebudayaan, kota-kota, dan negara-negara yang telah mereka bangun bersusash payah, menunjukkan bahwa mereka bukanlah orang yang shaleh.


AMALAN PRAKTIS
Diantara ciri orang munafiq ialah dengan tidak mau menghentikan rangkaian kebohongan mereka. Jelas-jelas kerusakan, masih disebut kebajikan. Kebohongan terdahulu selalu ditutupi oleh kebohongan berikutnya. Begitu seterusnya hingga tak pernah habis-habisnya, hingga menyita berjilid-jilid buku untuk menuliskannya. Cara memutus rangkaian itu cuma satu: jujur pada diri sendiri, jujur kepada masyarakat, jujur pada sejarah, jujur kepadaTuhan.

No comments:

Post a Comment