Wednesday, October 31, 2012

BEHEL GIGI

Fenomena behel sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2001, ketika telenovela Betty la Fea ditayangkan di salah satu stasiun televisi swasta. Namun, sosok Betty yang terlihat jelek dan kampungan dalam telenovela tersebut membuat persepsi masyarakat terhadap pengguna behel menjadi buruk. Setiap orang yang menggunakan behel pada tahun 2001-2003 seringkali dihina dan pasti dijuluki “Betty la Fea”.

Namun, berbeda halnya dengan zaman sekarang. Orang-orang yang menggunakan behel akan dianggap sebagai orang yang gaul, gaya, dan keren. Kemudian, behel ini pun sering dijadikan salah satu simbol status. Dengan harga pemasangan behel yang merogoh kocek cukup dalam tentunya menjadi sebuah kebanggaan bagi para pengguna behel karena tidak semua orang bisa menggunakan behel.

Behel pun kini menjadi sebuah tren yang fenomenal bagi anak muda. Selain untuk merapikan gigi, behel atau kawat gigi ini pun berfungsi sebagai aksesoris yang fashionable serta melambangkan status sosial. Kesan yang ditimbulkan jika seseorang menggunakan kawat gigi ialah trendi dan fashionable.

Tapi tahukah Anda, ada berbagai hal yang perlu diketahui  sebelum Anda memutuskan untuk memakai behe, di antaranya:

 Kegunaan Memasang Behel 

Sebenarnya, tujuan pelurusan gigi yang telah lama dipikirkan oleh Aristoteles dan Hipocrates adalah agar susunan gigi manusia sesuai dengan susunan gigi sebagaimana mestinya.Dengan susunan gigi yang rapi, maka fungsi kunyah akan berjalan dengan baik. Selain itu, gigi yang rapi juga meminimalisir terjadinya lubang dan karang pada gigi.



Tidak berbeda jauh dengan di atas, menurut kalangan dokter gigi, behel sebenarnya ditujukan untuk merapikan letak dan susunan gigi. Gigi yang menumpuk dan tidak rata dapat menimbulkan berbagai masalah, diantaranya kebersihan dan bau mulut. Selain itu, behel dapat bermanfaat untuk memperbaiki mekanisme mengunyah, pencernaan, pengucapan dalam bertutur, serta memperbaiki penampilan wajah.

Pasang Behel Itu Tidak Mudah

Perlu diketahui juga bahwa pemasangan behel tidak semudah bayangan orang. Karena diperlukan prosedur yang sangat hati-hati, melalui proses pemeriksaan, foto susunan gigi, hingga membuat cetakan gigi pasien agar diketahui bagian-bagian yang memang memerlukan perbaikan. Selain itu, pemasangan behel memang harus dilakukan kepada ahlinya, agar tidak menimbulkan efek samping.

Bahaya Memasang Behel

Bahaya / efek buruk yang muncul setelah memasang behel diantaranya, kawat gigi bisa merusak posisi gigi.Tulang yang memegang gigi akan rusak dan bisa membuat gigi goyang. Hal ini merupakan kerugian besar yang tidak bisa dibayar, karena gigi kalau sudah goyang tidak bisa dicekat lagi.

Tips Sebelum Memasang Behel

Hal-hal berikut bisa anda lakukan supaya tidak sembarangan mendapatkan perawatan atau pengobatan gigi yaitu:

1. Pergilah ke tempat yang diakui yaitu di Puskesmas, rumah sakit pemerintah atau RSGM, biaya tidak mahal dan jelas bisa di pertanggungjawabkan mutu serta kualitasnya.

2. Jangan menganggap pengobatan gigi itu mahal, karena ada yang murah dan terjamin mutunya.

3. Peliharalah gigi yang sehat tetap sehat, apabila ada kelainan dan butuh bantuan maka datanglah sedini mungkin dan jangan tunggu sampai parah seperti gigi berlubang.

4. Kontrol kesehatan gigi dan mulut setiap 6 bulan sekali.

No comments:

Post a Comment